1001 Artikel

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Diberdayakan oleh Blogger.

Bahasa - Bahasa Tertua di Dunia - 1001 Artikel

Diposting oleh On 09.16 with No comments

Ternyata hingga saat ini belum ada satu pun ilmuwan yang bisa memastikan keberadaan bahasa pertama di dunia. Teori evolusi yang mendominasi kahazanah ilmu pengetahuan umum membuat pembahasan ini semakin rumit. Bagaimana caranya manusia (atau primata primitif) mengembangkan bahasa sementara di saat yang sama mereka masih terbebani oleh keharusan berevolusi?

Intinya, pertanyaan “Apa Bahasa Pertama di Dunia?” begitu rumit sehingga sampai sekarang tidak satu pun ilmuwan yang bisa menjawabnya. (Hikmatul Iman, 2017)

Macam - macam Bahasa di Dunia. (Sumber : http://www.manchester.ac.uk/)


Menurut 1001 Artikel banyak sekali persepsi bahasa tertua di dunia. Namun, berdasarkan berbagai literatur yang 1001 Artikel sudah baca, maka Kamipun menyimpulkan bahwa bahasa tertua berdasarkan urutannya sebagai berikut :

Austronesia

Bahasa Austronesia menurut Kami adalah bahasa tertua di dunia. Dikarenakan tidak adanya bukti tertulis seperti "Hilangnya Peradaban" yang pernah mengiringi luasnya penyebaran bahasa Austronesia. 
Bahasa Austronesia adalah rumpun bahasa yang penyebarannya amat luas, mulai dari Taiwan dan Hawaii di ujung utara, sampai Selandia Baru di ujung selatan dan dari Madagaskar di ujung barat, sampai Pulau Paskah/Rapanui di ujung timur.

Kami mempertimbangkan penelitian dari Stephen Oppenheimer, dalam bukunya “EDEN IN THE EAST The Drowned Continent of Southeast Asia” 1998, diindonesiakan “EDEN IN THE EAST, SURGA DI TIMUR, Benua yang Tenggelam di Asia Tenggara” 2010, hal 169), yang juga menyimpulkan bahwa  sumber asal Bahasa Austronesia sebagai Bahasa Dunia di wilayah Nusa Tenggara-Maluku (bab 2 hal. 53-96 dan bab 5 hal. 191-244).

Hipotesis ini di dukung oleh penelitian Arysio Santos dalam bukunya ATLANTIS The Lost Continent Finally Found, The Definitive Localization of Plato's Lost Civilization (2005), di Indonesiakan (2009) plus subjudul: INDONESIA TERNYATA TEMPAT LAHIR PERADABAN DUNIA, hal. 256. 

Pembuktian Oppenheimer bahwa: ”Di sini di Indonesia Timur, ini mempunyai rasio 20% antara para penutur Austronesia maupun non-Austronesia di Nusa Tenggara dan Kepulauan Maluku, yaitu Alor, Flores, Hiri, Ternate dan Timor. Motif Polinesia absen lebih jauh ke barat di Indonesia, Filipina, Malaysia, dan Indo-Can. Keberagaman varian motif Polinesia juga tersebar di Maluku dan Nusa Tenggara, mengusulkan para leluhur dari populasi-populasi terasing itu sebagai situs asal-usulnya”. …Martin Richards dari laboratorium Oxford University memperkirakan ulang waktu asal-usul motif pada orang-orang Indonesia Timur dan memperoleh angka sekitar 17.000 tahun lalu. (Chris Tokan ; Kompasiana, 2017)

Hieroglif (Mesir Kuno)

Bahasa kedua menurut Kami adalah Hieroglif dari Mesir Kuno. Walaupun sudah tidak di tuturkan lagi oleh bangsa Mesir saat ini, dikarenakan saat ini masyarakat Mesir menggunakan Bahasa Arab.

Hieroglif Mesir kuno terdiri dari berbagai gambar yang diukir di dinding monumen dan makam, serta dituliskan pada papirus. Gambar-gambar pada hieroglif disusun untuk melambangkan huruf Mesir kuno. Dengan kata lain, gambar yang membentuk huruf hieroglif mewakili suara suatu huruf.
Hieroglif sudah muncul dari sebelum kesusastraan tradisi artistik Mesir. Contohnya, simbol pada tembikar Gerzean dari tahun 4000 SM menyerupai penulisan hieroglif. Selama beberapa tahun, prasasti hieroglif yang pertama kali diketahui adalah Narmer Palette, ditemukan dalam penggalian di Hierakonpolis (sekarang Kawm al-Ahmar) pada tahun 1890-an, yang diperkirakan dibuat tahun 3200 SM. (Wikipedia, 2017)

SANSKERTA

Bahasa Sanskerta (ejaan tidak baku: Sansekerta) adalah salah satu bahasa Indo-Eropa paling tua yang masih dikenal dan sejarahnya termasuk yang terpanjang. Kata Sanskerta, dalam bahasa Sanskerta Saṃskṛtabhāsa artinya adalah bahasa yang sempurna. 

Teks ini ditarikhkan berasal dari kurang lebih 1700 SM dan bahasa Sanskerta Weda adalah bahasa Indo-Arya yang paling tua ditemui dan salah satu anggota rumpun bahasa Indo-Eropa yang tertua. Khazanah sastra Sanskerta mencakup puisi yang memiliki sebuah tradisi yang kaya, drama dan juga teks-teks ilmiah, teknis, falsafi, dan agamis. Saat ini bahasa Sanskerta masih tetap dipakai secara luas sebagai sebuah bahasa seremonial pada upacara-upacara Hindu dalam bentuk stotra dan mantra. 

IBRANI

Bahasa Ibrani (/ˈhiːbruː/) (עִבְרִית ʿIvrit, Tentang suara ini [ʔivˈʁit] (bantuan·info) atau Tentang suara ini [ʕivˈɾit] (bantuan·info)) adalah sebuah bahasa Semitik dari cabang rumpun bahasa Afro-Asia yang merupakan bahasa resmi Israel, dan dituturkan sebagian orang Yahudi di seluruh dunia. Secara kultural, bahasa ini dianggap sebagai bahasa orang Yahudi, meskipun bahasa ini juga dipergunakan oleh kelompok-kelompok non-Yahudi, seperti orang Samaria. 

Bahasa Ibrani hampir punah sebagai bahasa yang dituturkan pada Abad Kuno, namun terus digunakan sebagai bahasa liturgi Yudaisme dan bahasa sastra serta hanya dipakai untuk mempelajari Alkitab dan Mishnah saja. Tetapi pada akhir abad ke-19 dan permulaan abad ke-20, bahasa ini lahir kembali menjadi sebuah bahasa sejati dengan para penuturnya. 

Bahasa ini lalu menggantikan bahasa Arab, bahasa Ladino, bahasa Yiddish dan lain sebagainya sebagai bahasa utama kaum Yahudi sedunia dan di negara Israel kemudian hari. Bahasa Ibrani mengalami berbagai tahap perkembangannya dimulai sejak 500 SM. (Wikipedia, 2017)

PERSIA

Bahasa Persia Kuno adalah salah satu dari dua bahasa kuno Iran. Persia kuno muncul terutama pada prasasti-prasati era Achaemenid (600 SM sampai 300 SM) dikenal pula sebagai Kekaisaran Persia Pertama, adalah kekaisaran Persia (Iran) di Asia Selatan dan Barat Daya yang didirikan pada abad ke-6 SM oleh Koresh Agung.

Bahasa Persia adalah bahasa yang dipakai di kawasan Iran sejak 2000 tahun yang lalu, dimana pada saat itu, kawasan Iran jauh lebih luas daripada negara Iran saat ini. Oleh karena itulah, bahasa Persia dewasa ini juga dipakai oleh beberapa negara di sekitar Iran, antara lain Afghanistan, Tajikistan serta sebagian wilayah Pakistan dan India.

Itulah sajian dari Seribu Satu Artikel tentang Bahasa - Bahasa Tertua di Dunia - 1001 Artikel. Semoga artikel ini menambah wawasan dan pengetahuan Anda. Lihat Juga :Virus - Virus Paling Mematikan Di Indonesia, Jangan di Anggap Sepele Bisa Berakibat FATAL

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »